Mengenal Perbedaan kuliah Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi serta alasan yang harus kalian tau!!


yuhuuu.. halo semuanya..,
kali ini kita ngobrol santai yuks..,
jadi mungkin sudah banyak Blogger yang nulis mengenai silabus ekonomi, apa saja yang harus dipelajari saat kuliah jurusan ekonomi dari mulai A-Z dan masih banyak lagi. sebelum lanjut pada pembahasan utama yuk kita ulas mengapa kita harus belajar ekonomi, atau kenapa sih memilih jurusan ekonomi ?

ilmu ekonomi sendiri sudah ada sejak jaman dahulu bahkan sebelum orang mengenal sekolah dan sebagainya, hal ini dibuktikan dengan aktivitas manusia saat di pasar mulai dari kegiatan barter dan sebagainya.
wikipedia sendiri menyebutkan bahwa Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas atau perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. dari sini teman-teman pasti sudah ada gambaran mengapa kita perlu belajar ekonomi kan?
Berikut akan coba saya jabarkan alasan mengapa belajar ekonomi versi Dew :

  1. Ekonomi ada dalam kehidupan sehari-hari (mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi dan tak pernah berhenti). banyangkan bangun tidur kita pengang Hp dan menyalakan lampu, sadarkah bahwa didalamnya kegiatan ekonomi juga sedang berputar?
  2. Ekonomi merupakan ukuran suatu kemajuan. jadi ilmu ini ilmu yang super lengkap selain terdapat angka juga terdapat analisis yang harus dipahami, jadi cocok untuk kalian yang menyukai angka dan tantangan.
  3. Ilmu Ekonomi merupakan induk dari beberapa cabang. Bisnis, perbankan, akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen adalah contoh dari cabangnya, namun ilmu ekonomi ini juga saling mengikat dengan ilmu lain seperti politik, ilmu seni, hukum, teknik, sosiologi dan lainnya.
  4. Ilmu Ekonomi tidak pernah mngebosenin karena ilmu ini akan terus berubah dan berkembang jadi bukan hanya ilmu yang berpatokan pada rumus dan tetap.
  5. Ekonomi adalah Ilmu masa depan. perkembangan teknologi juga tidak akan luput dengan peran ekonomi didalamnya. ilmu ini akan terus berkembang seiring dengan perkembangan perilaku manusia.
  6. Profesi Ekonom adalah profesi yang terus Dibutuhkan dan abadi. banyangin aja saat semua sektor industri dan hampir semua profesi dapat digantikan dengan teknologi robot dan mesin yang bertujuan memudahkan manusia. coba ambil contoh dunia digital semua serba digital dan tidak memungkinkan penggunaan tenaga profesional sudah tidak diperlukan seperti supir sudah ada mode auto drive, autopilot, penggerak mesin industri dsb. namun terlepas dari semua itu Analisis dari seorang ekonomi akan selalu dibutuhkan dan selalu menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan.
  7. banyak peluang profesi yang menjanjikan dan masih banyak lagi.
nah sudah dapat gambaran lebih kan mengenai Ekonomi? untuk temen-temen yang tertarik mempelajari ilmu ekonomi secara detail atau masih bingung mau kuliah jurusan apa, Ekonomi bisa menjadi topik menarik yang patut dipertimbangkan. yuk sekarang kita bahas apa sih perbedaan antara Jurusan Ilmu ekonomi/ Ilmu Ekonomi terapan atau temen-temen kampus lebih akrab dengan sebutan Ekonomi murni dengan Jurusan Pendidikan ekonomi, berikut poin-poinnya :

=> jurusan Pendidikan Ekonomi  sebenarnya tidak berbeda dengan jurusan ekonomi pada umumnya, pada jurusan ini juga membahas mata kuliah yang sama dengan jurusan ekonomi, namun pembahasannya kurang detail, hal ini disebabkan pada jurusan ini nantinya lulusan akan difokuskan untuk menjadi guru profesional pada mata pelajaran ekonomi (mulai tingkat SMP, SMA ataupun SMK). sehingga juga terdapat mata kuliah yang mengajarkan mengenai dunia kependidikan.
, selanjutnya apakah lulusan Pendidikan ekonomi dapat menjadi Dosen? tentu saja bisa asal menempuh pendidikan S2 yang setara atau linier dengan jurusan saat S1. pertanyaan selanjutnya apa bisa menjadi Bankir saat lulus? tentu saja dan apa bisa menjadi seorang Bisnisman? jawabannya tentu pasti bisa. intinya apapun profesinya jika digeluti dengan telaten dan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki tidak menutup kemungkinan akan berhasil di dunia itu :)

=> selanjutnya Jurusan Ilmu Ekonomi Murni, pada jurusan ini akan difokuskan mempelajari ilmu ekonomi lebih mendalam dan nantinya mahasiswa akan bibagi atau disubkan kedalam jurusan yang lebih mendetail lagi seperti Ekonomi pembangunan, ekonomi pertanian, ekonomi lingkungan, ekonomi syariah dan sebagainya. fokus utama dalam jurusan ini adalah menciptakan ahli ekonom yang handal dalam analisisnya.

so itu dulu ulasan dari saya, feel free to discuss with me in the comment :) temen-temen boleh juga kok curhat mengenai jurusan :)
see you !

Tags :
ilmu ekonomi kuliah jurusan ekonomi pendidikan ekonomi memilih jurusan kuliah perbedaan jurusan

Comments