cilcular flow dalam kegiatan ekonomi


Interaksi antara tiga sektor perekonomian  biasanya disebut arus lingkar perekonomian tertutup. Dalam perekonomian tertutup, rumah tangga konsumen menerima pendapatan dari rumah tangga produsen dan pemerintah membeli barang dan jasa dari rumah tangga produsen. Sedang rumah tangga produsen membayar pajak kepada pemerintah. Rumah tangga produsen menerima pembayaran pemerintah dan rumah tangga konsumen atas barang dan jasa yang telah diproduksinya dan membayar biaya atas faktor produksi yang telah dipakai kepada rumah tangga konsumen serta membayar pajak kepada pemerintah. Pemerintah menerima pendapatan dari pajak yang dikenakan kepada rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen. Selanjutnya pemerintah juga melakukan pembayaran kepada rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berupa transfer kepada rumah tangga guna redistribusi pendapatan.



berikut penjelasannya :





Keterangan diagram :

Diagram Lingkar ( Circular Flow )
Adalah sebuah model yang yang menggambarkan interaksi atau hubungan antara pelaku-pelaku ekonomi
 => menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan (utility) masing-masing pelaku ekonomi.


Sektor Rumah Tangga (House Holds)
Sektor ini memiliki faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa untuk Perusahaan (Firms)Yang dihasilkan dalam sektor rumah tangga;
·         Menyediakan tenaga kerja (Labor), Tanah (Land), Modal (Capital) dan Keterampilan dan skill (Entrepreneurship) untuk perusahaan (Firms)
·         Memperoleh pendapatan dari Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)
·         Sebagai Pembeli/ konsumen atas barang-barang yang dihasilkan/diproduksi oleh perusahaan baik berupa barang/jasa.
Konsumen mendapatkan pembayaran atas faktor-faktor produksi dan skill yang dipakai oleh  produsen yang digunakan untuk membeli barang dan jasa yang dijual oleh rumah tangga produksi. Peran rumah tangga konsumsi adalah sebagai Konsumen, Pemasok atau pemilik faktor produksi dan ikut mempengaruhi mengenai apa yang akan diproduksi. Peranan konsumen secara umum adalah bahwa melalui kegiatan konsumsinya mampu menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat.

2)       Sektor Perusahaan (Firms)
Peran perusahaan atau rumah tangga produksi dalam perekonomian yaitu Produsen, Pengguna faktor produksi, Agen pembangunan, Penyedia dan penyalur barang dan jasa. Yang kegiatannya
·         Menghasilkan dan menyediakan barang-barang untuk kebutuhan rumah tangga
·         Memperoleh pendapatan dari pertukaran (jual-beli) kepada rumah tangga
·         Memperoleh input produksi dari rumah tangga yang berupa, Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)
·         Mengeluarkan biaya dan ongkos produksi kepada rumah tangga yang berupa, Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)

sektor pemerintah (goverment)
Memberikan fasilitas-fasilitas umum yang berguna untuk kelancaran pembangunan infraskukur negara. Peranan rumah tangga negara atau pemerintah yaitu Pengatur, Konsumen, Sebagai produsen, Pembuat dan pelaksana aturan main, Menjamin kompetisi dan Menyediakan barang publik.


Comments

  1. teman-teman mari kita belajar menenai cilcular flow, dan apa saja yang terkandung didalamnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.....

    Diagram Lingkar ( Circular Flow )
    Adalah sebuah model yang menggambarkan interaksi antarpara pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang digunakan sebagai pengeluaran dalam upaya memaksimalkan nilai kegunaan (utility) masing-masing pelaku ekonomi.Diagram arus lingkar kegiatan ekonomi (circularflow diagram) dapat mempermudah untuk melihat interaksi atau hubungan antara pelaku-pelaku ekonomi.

    Interaksi antara tiga sektor perekonomian ini biasanya disebut arus lingkar perekonomian tertutup. Dalam perekonomian tertutup, rumah tangga konsumen menerima pendapatan dari rumah tangga produsen dan pemerintah membeli barang dan jasa dari rumah tangga produsen. Sedang rumah tangga produsen membayar pajak kepada pemerintah. Rumah tangga produsen menerima pembayaran pemerintah dan rumah tangga konsumen atas barang dan jasa yang telah diproduksinya dan membayar biaya atas faktor produksi yang telah dipakai kepada rumah tangga konsumen serta membayar pajak kepada pemerintah. Pemerintah menerima pendapatan dari pajak yang dikenakan kepada rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen. Selanjutnya pemerintah juga melakukan pembayaran kepada rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berupa transfer kepada rumah tangga guna redistribusi pendapatan.

    Sektor Rumah Tangga (House Holds)
    Sektor ini memiliki faktor-faktor produksi yang dibutuhkan untuk proses produksi barang dan jasa untuk Perusahaan (Firms)Yang dihasilkan dalam sektor rumah tangga;
    • Menyediakan tenaga kerja (Labor), Tanah (Land), Modal (Capital) dan Keterampilan dan skill (Entrepreneurship) untuk perusahaan (Firms)
    • Memperoleh pendapatan dari Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)
    • Sebagai Pembeli/ konsumen atas barang-barang yang dihasilkan/diproduksi oleh perusahaan baik berupa barang/jasa.
    Konsumen mendapatkan pembayaran atas faktor-faktor produksi dan skill yang dipakai oleh produsen yang digunakan untuk membeli barang dan jasa yang dijual oleh rumah tanggaproduksi. Peran rumah tangga konsumsi adalah sebagai Konsumen, Pemasok atau pemilik faktor produksi dan ikut mempengaruhi mengenai apa yang akan diproduksi. Peranan konsumen secara umum adalah bahwa melalui kegiatan konsumsinya mampu menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat.

    2) Sektor Perusahaan (Firms)
    Peran perusahaan atau rumah tangga produksi dalam perekonomian yaituProdusen, Pengguna faktor produksi, Agen pembangunan, Penyedia dan penyalur barang dan jasa. Yang kegiatannya
    • Menghasilkan dan menyediakan barang-barang untuk kebutuhan rumah tangga
    • Memperoleh pendapatan dari pertukaran (jual-beli) kepada rumah tangga
    • Memperoleh input produksi dari rumah tangga yang berupa, Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)
    • Mengeluarkan biaya dan ongkos produksi kepada rumah tangga yang berupa, Upah (wages), Sewa (Rent), Bunga (Interest) dan Keuntungan (Profit)

    sektor pemerintah (goverment)
    Memberikan fasilitas-fasilitas umum yang berguna untuk kelancaran pembangunan infraskukur negara. Peranan rumah tangga negara atau pemerintah yaitu Pengatur, Konsumen, Sebagai produsen, Pembuat dan pelaksana aturan main, Menjamin kompetisi dan Menyediakan barang publik.

    ReplyDelete

Post a Comment