Makalah pengertian, fungsi dan pembangian manajemen

 Pengertian Manajemen
1.      Manajemen ditinjau dari Segi Seni (Mary Parker Follett) 
manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
2.      Manajemen ditinjau dari Segi Ilmu Pengetahuan (Luther Gulick) 
Manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
3.      Manajemen ditinjau dari Segi Proses (James A.F.Stoner)
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah di tentukan.

Dari pengertian-pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa Manajemen adalah Proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.



2.2 Fungsi Manajemen
1.      Planning
·         Proses dasar manajemen untuk menentukan tujuan dan langkah-langkah yang harus dilakukan agar tujuan dapat tercapai.
2.      Organizing
·         Keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat-alat, tugas, tanggung jawab dan wewenang sehingga tercipta suatu kesatuan yang dapat digerakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.      Actuating
·         Fungsi manajemen untuk menggerkan orang-orang agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah diterapkan
4.      Controlling atau Pengawasan/Pengendalian
·         Mengawasi aktivitas, koreksi, mengawasi target dan tujuan sehingga segala sesuatunya sesuai dengan yang telah di tetapkan.
5.      Directing atau Commanding
·         fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
6.      Reporting
·         Penyampaian perkembangan atau hasil kegitan atau pemberi keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
7.      Staffing
·         Penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberikan daya guna maksimal kepada organisasi


2.3  Proses Manajemen

   Input
Man, material, money, machine, method, market

   Output
Mencapai tujuan, produk, jasa, efisien, efektivitas
ü  Efektivitas → melakukan pekerjaan dengan benar, sejauhmana organisasi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
ü  Efisiensi → melakukan pekerjaan dengan benar atau sesuai standar, jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan.


Bidang-bidang manajemen terkait  :
o   Manajemen Produksi
o   Manajemen Pemasaran
o   Manajemen Keuangan
o   Manajemen personalia
o   Manajemen administrasi
o   Menejemen keamanan
o   Manajemen penjadwalan
o   Manajemen sarana

 2.4 TATA KELOLA PERUSAHAAN
Tata Kelola Perusahaan (bahasa Inggriscorporate governance) adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan atau korporasi. Tata kelola perusahaan juga mencakup hubungan antara para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat serta tujuan pengelolaan perusahaan. Pihak-pihak utama dalam tata kelola perusahaan adalah pemegang sahammanajemen, dan dewan direksi. Pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, bank dan kreditor lain, regulator, lingkungan, serta masyarakat luas.
Tata kelola perusahaan adalah suatu subjek yang memiliki banyak aspek. Salah satu topik utama dalam tata kelola perusahaan adalah menyangkut masalah akuntabilitas dan tanggung jawab mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang saham. Fokus utama lain adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola perusahaan harus ditujukan untuk mengoptimalisasi hasil ekonomi, dengan penekanan kuat pada kesejahteraan para pemegang saham. Ada pula sisi lain yang merupakan subjek dari tata kelola perusahaan, seperti sudut pandang pemangku kepentingan, yang menuntut perhatian dan akuntabilitas lebih terhadap pihak-pihak lain selain pemegang saham, misalnya karyawan atau lingkungan.


2.5 STUKTUR ORGANISASI
Stuktur organisasi adalah kerangka dan susunan yang merupakan pola hubungan antarfungsi, bagian atau posisi , maupun orang-orang dalam organisasi atau perusahaan. Stuktur ini akan menunjukkan kedudukan dari suatu organisasi.
Dalam menyusun stuktur organisasi , ada beberapa factor yang mempengaruhi, yaitu :
a.       Ukuran organisasi
b.      Jumlah anggota atau karyawan dan orang-orang yang terlibat dalam suatu organisasi
c.       Teknologi yang digunakan
d.      Stategi untuk mencapai tujuan
Sedangkan unsure-unsur organisasi, antara lain :
a.         Koordinasi kegiatan
b.        Standarisasi kegiatan
c.         Spesialisasi kegiatan
d.        Sentralisasi dan desentralisasi dalam pengambilan keputusan
e.         Ukuran suatu kerja
2.6 DESKRIPSI JABATAN

Proses pengelompokkan dan penamaan bagian atau kelompok pekerjaan berdasarkan criteria salah satu cara  pengelompokan kegiatan adalah berdasarkan fungsi yang dilaksanakan. Misalnya, Seorang manajer pabrik akan mengatur pabriknya dengan memisahkan spesialisasi-spesialisasi teknik, akunting, produksi, personalia, dan pembelian menjadi bagian-bagian yang sama. berdasarkan fungsi dapat digunakan pada semua jenis organisasi. Hanya fungsi itu berubah guna mencerminkan tujuan dan kegiatan organisasi. Keuntungan utama dari jenis pengelompokan ini adalah meningkatnya efisiensi dengan menempatkan individu yang memiliki keterampilan dan orientasi  yang sama kepada unut-unit yang sama.

2.7 PEMBAGIAN KERJA


Pengertian pembagian kerja adalah analisis jabatan yang merupakan suatu aktivitas dalam menentukan apa pekerjaan yang dilakukan dan siapa yang harus melakukan tugas tersebut. Aktivitas ini adalah sebuah upaya untuk menciptakan kualitas dari pekerjaan dan kualitas dari kinerja total suatu perusahaan.

Comments