Mengenal Data Analist #Day1

 Hai semua lama tidak membuat tulisan, kali ini saya men-challenge diri saya untuk menyelami dunia data dan profesi data analis secara mendalam, Bismillah semoga bisa istiqamah.

Nah kali ini saya tidak ingin sendirian, saya ingin mengajak teman-teman pembaca untuk belajar bersama. di blog ini saya akan merangkum apa yang saya pelajari dan alasan mengapa saya harus mempelajarinya, tidak hanya itu doakan saya juga bisa secara rutin upload untuk praktik dan update kondisi bidang data analis ini secara berkala.

beberapa kutipan kata yang saya selalu ingat dari platform favourite saya untuk belajar data adalah : 

"Don't undestand? Google it, then ask if still confused! There are no stupid questions after you google it"

"Don't feel confident reading and speaking English? Read and speak more english, That's how you get better"

then Don't feel motivated to study? Just start- motivation develops as you perform, not prior to starting"

Thank to the person who create an incredible word. jadi kutipan kata tersebut menjelaskan bahwa sebenarnya kita sendiri yang mencari alasan untuk membenarkan kemalasan kita atau bahasa kasarnya kita sendiri yang membatasi diri kita untuk berkembang so.. Let's Move!!!

What is Data analytics?

kalau kita ngomongin definisi teman-teman bisa cari definisinya dengan google ya, tapi sepenangkap saya inti dari data analytics mengolah data mentah untuk membuat kesimpulan atau informasi gunanya untuk mengambil keputusan bisnis.

jadi data kan banyak ya, terdiri dari angka bisa juga kata yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan, tugas seorang data analis adalah membuat data menjadi informasi yang bisa di konsumsi manusia baik itu orang expert di suatu bidang bahkan orang awam bisa mengerti.

Why is Data Analytics important?

Data analis sangat penting untuk membantu perusahaan optimize their performances, mengambil keputusan untuk kemajuan bisnis, dan membuat inovasi dan benefits lain yang sangat berguna.

Data analytics merupakan kunci untuk mengembangkan bisnis, menemukan insights tersembunyi, analisis trend, perform market analysis (mengetahui strenghs and weaknesses dari kompetitor) dan  improve business requirements. bisnis di sini bukan hanya industri bisnis komersil yang kita kenal ya, itu bisa meliputi dunia pendidikan, kesehatan, dan hampir di seluruh lini bidang (tentu kecuali bidang agama tentunya).


What are the tools used in Data Analytics?

 ada beberapa tools yang harus dipelajari untuk menjadi data analyst, tools ini bisa beragam tergantung permintaan industri atau perusahaan dan tergantung apa yang mudah kita kuasai as data analyst. beberapa diantaranya yaitu :

- R Programming ( di gunakan untuk statistik dan data modeling, R bisa ada di beberapa platforms Unix, Windows dan Mac OS)

- Python ( bahasa pemrograman yang mudah digunakan untuk cleaning data bahkan visualisation)

- Tableu Public ( bisa connect dengan excel, corporate data warehouse. bisa untuk membuat visualization, maps.dashboards dan sebagainya)

- Microsoft Excel (paling banyak digunakan)

dan banyak lagi


How to Become a Data Analyst?

tentu menjadi seorang data anaylist itu tidak mudah but nothing imposible kuncinya adalah belajar, memahami dan berlatih, banyak membaca dan kuasi skill yang dibutuhkan


*Tulisan ini masih jauh dari kata lengkap dan masih perlu banyak perbaikan
*akan di update setiap penulis pembelajari atau menemukan sesuatu yang baru tentang data


Comments